Kegiatan rohani Islam untuk mengembangkan religiusitas siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Safitri, Shella Norvita (2020) Kegiatan rohani Islam untuk mengembangkan religiusitas siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016118_SHELLA_NORVITA_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1401016118_SHELLA_NORVITA_SAFITRI)
SKRIPSI_1401016118_SHELLA_NORVITA_SAFITRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Religiusitas merupakan penghayatan keagamaan dan kedalaman kepercayaan yang diekspresikan dengan melakukan ibadah sehari-hari, berdo’a dan membaca kitab suci. menemukan religiusitas adalah kedalaman penghayatan keagamaan seseorang dan keyakinanya terhadap adanya Tuhan yang diwujudkan dengan mematuhi perintah dan menjauhi larangan dengan keikhlasan hati dan dengan seluruh jiwa dan raga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana religiusitas siswa di SMAN 1 Kayen Pati? Bagaimana kegiatan bimbingan rohani Islam dalam mengembangkan religiusitas siswa SMAN 1 Kayen Pati?.
Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: Mengetahui kegiatan bimbingan rohani Islam yang dilaksanakan di SMAN 1 Kayen Pati. Mengetahui kegiatan bimbingan rohani Islam dalam mengembangkan religiusitas siswa.
Metode Penelitian ini bernama penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk menemukan bagaimana kegiatan bimbingan rohani Islam dalam mengembangkan religiusitas siswa SMAN 1 Kayen Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, Keabsahan data menggunakan trangulasi sumber, teknik dan waktu, sedang metode analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, melalui tiga tahap dalam analisis data kualitatif, yaitu : 1). Reduction (Reduksi Data) 2). Data Display (Penyajian data) 3). Conclusion and Verification (Kesimpulan).
Keseluruhan hasil objek penelitian adalah semua kegiatan Rohis, namun yang masuk dalam kriteria kegiatan bimbingan (mengajak, mencontohi dan mengerjakan atau melalukan bimbingan langsung pada anak didik) rohani Islam pada anak didik, ada sebelas kegiatan, yaitu, Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjam’ah, Sholat Jum’at berjama’ah, Halaqoh, Pelaksanaan Sholat Idul Adha, Tadarus Al-Qur’an, Pembacaan Asma’ul Husna, Berdoa mengawali dan mengakhiri pembelajaran, gerakan 3S (Senyum, Salam, Sapa), Bakti Sosial, dan pesantren romadhon. Dan dengan membina wakil atau utusan dari tiap kelas untuk dibina lebih dengan pendidikan karakter dengan sistematis berupa kegiatan halaqoh (mentoring teman sejawat dan guru pembina) agar tercipta kader figur bagi siswa di kelasnya dan pembinaan yang terus menerus (istiqomah) dan kriteria dimensi ritualitas dengan sholat sunnah dhuha dan jama’ah sholat dhuhur, dan kegiatan yang insidental (PHBI) yang menciptakan perubahan soleh secara individu maupun sholeh secara sosial. Bukti wujud dari perubahan religuisitas siswa yaitu; terciptanya keyakinan kepada Allah SWT dan akhlah yang baik dengan sesama teman dan guru, istiqomah beribadah wajib maupun sunnah dan selanjutnya akan tercipta lingkungan sekolah yang menanamkan karakter Islami, sebagai tujuan terakhir yang nantinya menjadikan ikon sekolah yang Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Islamic spiritual guidance; Kegiatan rohani Islam; Religiusitas siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:03
Last Modified: 29 Nov 2021 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics