Kepemimpinan kiai dalam pengembangan Pondok Pesantren APIK Kauman Kaliwungu Kendal

Irfaniya, R.A Elok Husna (2020) Kepemimpinan kiai dalam pengembangan Pondok Pesantren APIK Kauman Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_403036085_Skripsi Lengkap] Text (NIM_403036085_Skripsi Lengkap)
1403036085_R.A.ELOK HUSNA I._lengkap tugas akhir - Husna Elok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pengasuh pondok dan santri merupakan dua elemen yang saling terkait,. Berkembang dan tidaknya sebuah pesantren salah satunya dipengaruhi oleh “pengasuh”. Demikian hal-nya dengan Pondok Pesanteren APIK Kauman Kaliwungu Kendal. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan tentang; 1. Bagaimana kepemimpinan Kiai dalam pengembangan pondok pesantren APIK Kauman Kaliwungu Kendal ? dan 2. Bagimana hasil pengembangan pondok pesantren APIK Kauman Kaliwungu Kendal ?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan KH. M. Sholahuddin Humaidullah Irfan dalam pengembangan pondok pesantren yang dipimpinnya serta apa hasil dari pengembangannya. Pondok Pesantren Salaf Apik Kauman Kaliwungu Kendal menjadi objek penelitian karena adanya perubahan yang signifikan dari pondok pesantren salaf berkembang menjadi pondok pesantren semi modern.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini adalah pengasuh pondok serta pengurus Pondok Pesantren Salaf Apik, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik yang dilakukan dalam analisis adalah deskriptif kualitatif dan mensajikan sesuai kejadian di lapangan, trianggulasi yang digunakan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, 1. Kiai Muhammad Sholahuddin Humaidullah dalam mengembangkan pondok pesantrennya yaitu dengan menerapkan kepemimpinan otokratik, paternalistik, kharismatik, responsif atau ijtihadi dan kepemimpinan yang demokratis yang tetap mengacu pada visi, misi, serta tujuan didirikannya Pondok Pesantren Salaf APIK, yaitu tafaqquh fi al-dīn yang berlandaskan ajaran ahl al-sunnah al-jamāáh. Kepemimpinan tersebut merupakan pendekatan gaya kepemimpinan yang menekankan pada perilaku seorang pemimpin yang fokus apa yang dilakukan oleh pemimpin dan bagaimana cara bertindak dan ia lebih dominan pada kepemimpinan responsif demokratis; 2. Hasil dari pengembangan Kiai Muhammad Sholahuddin Humaidullah yakni berupa pengembangan yang meliputi kurikulum campuran agama dan umum (Pendidikan Diniyyah Formal), pengembangan terpadu, yakni dengan adanya “Bank Wakaf Mikro”, dan pembangunan sarpras.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pimpinan Kiai, Pengembangan, Pondok Pesantren Apik.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.3 Coordination and control
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2021 00:31
Last Modified: 04 Dec 2021 00:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics