Strategi pemasaran koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah baitul maal wa tamwil bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota
Hirowati, Rofiqoh Dwi (2021) Strategi pemasaran koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah baitul maal wa tamwil bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1401036057_ROFIQOH DWI H_TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Rofiqoh Dwi Hirowati (1401036057), Strategi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota. Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2021.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif guna untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal serta menggunakan teknik analisisis. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi langsung dilokasi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal melalui wawancara dan dokumentasi atau arsip Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan literatur-literatur mengenai stratrategi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota adalah (1) Meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota. (2) Meningkatkan kualitas SDM. (3) meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat. (4) open manajemen (selalu terbuka kepada setiap anggota). (5) adanya proses tawar menawar (negoisasi) margin. Adapun faktor pendukung yang menjadi faktor pendorong kegiatan strategi pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal, meliputi (1) Memberikan pelayanan prima kepada setiang anggota. (2) Letak lokasi kantor yang strategis. (3) SDM yang berkualitas. (4) Masyarakat mulai tertarik pada sistem operasional BMT yang berbasis syariah. Sedangkan faktor penghambat kegiatan strategi pemasaran, yaitu: (1) Minimnya inovasi produk di bidang pemasaran. (2) Kegiatan promosi belum maksimal. (3) Banyak pesaing dari lembaga keuangan yang sama atau lembaga keuangan lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Koperasi Simpan Pinjam; Pembiayaan Syari'ah; Baitul Mal Wa Tamwil; Bismillah; Anggota |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 07:26 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 07:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14018 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year