Tinjauan kriminologi terhadap residivis tindak pidana pencurian : studi kasus perkara no.434/pid.b/2019/pn.smg

Fitriani, Anniza (2020) Tinjauan kriminologi terhadap residivis tindak pidana pencurian : studi kasus perkara no.434/pid.b/2019/pn.smg. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502056035_Anniza Fitriani_Skripsi Lengkap] Text (1502056035_Anniza Fitriani_Skripsi Lengkap)
1502056035_Anniza Fitriani_Tugas Akhir-dikonversi-dikompresi - Anniza Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (614kB)

Abstract

Pencurian adalah salah satu bentuk kejahatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena kejahatan tersebut merupakan penyimpangan tingkah laku serta melanggar hukum dikarenakan meresahkan masyarakat. Sebagaimana kasus pencurian yang dilakukan oleh pelaku residivis yang terjadi di wilayah hukum Polsek Gajahmungkur Semarang. Adapun permasalahan yang menjadi acuan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana tinjauan kriminologi pelaku residivis pencurian dan apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya pencurian serta bagaimana upaya penanggulangannya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan hukum sosio legal, yaitu penelitian yang menggunakan ilmu-ilmu sosial dalam membantu menjelaskan peristiwa hukum. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kejahatan pencurian yang dilakukan oleh residivis merupakan gejala masyarakat yang disebabkan oleh proses peniruan serta kurangnya kontrol diri pada pelaku. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pencurian yang dilakukan oleh pelaku residivis adalah 1. Faktor lingkungan, 2. Faktor keluarga, 3. Faktor pergaulan, 4. Faktor kurangnya kesadaran hukum. Upaya anggota kepolisian Polsek Gajahmungkur Semarang dan pegawai Lapas Kelas I Semarang untuk menanggulangi kejahatan pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilayah Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang adalah : 1. Melakukan koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat, 2. Mengadakan patroli rutinan di beberapa wilayah rawan kejahatan, 3. Memberikan pembinaan kerohanian dan intelektual agar pelaku tidak lagi kembali melakukan kejahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kriminologi; Residivis; Pengulangan tindak pidana; Pencurian
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:21
Last Modified: 29 Nov 2021 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics