Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan bakat dan minat siswa pada SD Islam Al Azhar 29 BSB Mijen Kota Semarang

Nafis, Ahmad Durun (2020) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan bakat dan minat siswa pada SD Islam Al Azhar 29 BSB Mijen Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1500128002_Ahmad_Durun_Nafis] Text (Tesis_1500128002_Ahmad_Durun_Nafis)
Tesis_1500128002_Ahmad_Durun_Nafis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih jarang sekolah yang menerapkan konsep manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler. Biasanya sekolah hanya menyediakan layanan ekstrakurikuler akan tetapi tidak terurus dengan baik. Akibatnya program tersebut hanya menimbulkan permasalahan baru seperti besarnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk membiayai kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (2) Bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler pada SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (3) Bagaimana dampak manajemen kegiatan esktrakurikuler terhadap pengembangan bakat minat siswa pada SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang?. Penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dan macam penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Datanya diperoleh melalui metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang beraneka ragam, dari ekstrakurikuler yang wajib, pilihan, mandiri, maupun club (jenjang lanjut). (2) Dalam manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang tahap pertama adalah perencanaan (planning) yang diwujudkan dengan penetapan tujuan, perencanaan waktu dan tempat, perencanaan program kerja, silabus, prota, dan promes, perencanaan sumber daya manusia (SDM) dan guru pengajar, serta pembiayaan. Tahap kedua, pengorganisasian (organizing) meliputi koordinasi semua komponen yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tahap ketiga, pelaksanaan (actuating) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang sudah ideal dan terkonsep bagus, didukung dengan program pembinaan yang sudah terprogram dan berkesinambungan serta fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai, dan sistem pendanaan yang sudah tepat pengelolaannya. Tahap keempat, Pengendalian (controlling) dalam kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang dilakukan oleh Wakil kepala 1 (kesiswaan) dengan selalu berkordinasi dengan Kepala Sekolah serta Kordinator Guru Ekstra. Tahap kelima, evaluasi (evaluating) dari program kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan untuk mempertahankan kualitas dari kegiatan Ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Sedangkan hasil daripada kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang menghasilkan prestasi baik yang berupa fisik (piala atau piagam) atau performance dalam kegiatan internal sekolah. (3) Kegiatan ekstrakurikuler yang di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang pada dasarnya ditujukan untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi, bakat, dan minat dalam dirinya. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat dan minat tersebut telah berhasil terlaksana dengan baik, terbukti dari banyaknya prestasi non akademik yang didapatkan di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang hasil yang luar biasa dari berbagai perlombaan atau kejuaraan yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler.

ABSTRACT:
This research is motivated by the phenomenon that schools rarely apply management concepts in extracurricular activities. Usually schools only provide extracurricular services but they are not properly maintained. As a result, the program only creates new problems such as the large budget that must be spent to finance these extracurricular activities. This research is intended to answer the following problems: (1) How are extracurricular activities developed at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (2) How is the management of extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (3) What is the impact of extracurricular activity management on the development of student interest in SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? This research is a field research research (field research) and the type of research is qualitative with a single case study approach. The data is obtained through interview methods and documentation. The data analysis technique in this study uses qualitative analysis techniques, including: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this study are: (1) Extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang vary, from compulsory extracurricular activities, optional, independent, and club (advanced level). (2) In the management of extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang, the first stage is planning which is realized by setting goals, planning time and place, planning work programs, syllabus, prota, and promissory notes, planning human resources (HR) and teaching teachers, as well as funding. The second stage, organizing (organizing) includes the coordination of all components involved in extracurricular activities. The third stage, the implementation (actuating) management of extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang is ideal and well conceptualized, supported by a programmed and sustainable development program and adequate facilities, facilities and infrastructure, and a funding system that is properly managed. The fourth stage, controlling (controlling) in extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang is carried out by Deputy Principal 1 (student) by always coordinating with the Principal of the School and the Extra Teacher Coordinator. The fifth stage, the evaluation (evaluating) of the extracurricular activity program at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang is carried out continuously and continuously to maintain the quality of the extracurricular activities organized by the school. Meanwhile, the results of extracurricular activities carried out at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang resulted in physical achievements (trophies or certificates) or performance in internal school activities. (3) Extracurricular activities at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang are basically aimed at helping students develop their potential, talents, and interests. The management of extracurricular activities in developing these talents and interests has been successfully carried out, as evidenced by the many non-academic achievements obtained at SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang, the extraordinary results from various competitions or competitions related to extracurricular activities.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Bakat; Minat; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:26
Last Modified: 29 Nov 2021 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics