Peningkatan kemampuan membaca dengan metode four step Steinberg di Paud Al-Hidayah Gunungpati

Fadhlillah, Asyaa (2020) Peningkatan kemampuan membaca dengan metode four step Steinberg di Paud Al-Hidayah Gunungpati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106034_AsyaaFadhlillah_Full Skripsi] Text (Skripsi_1703106034_AsyaaFadhlillah_Full Skripsi)
1703106034_AsyaaFadhlillah_Full Skripsi-dikompresi - 17_Asyaa Fadhlillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Membaca adalah pengenalan berbagai simbol bahasa yang merupakan proses mengingat tentang apa yang dibaca dan untuk membentuk suatu pemahaman melalui pengalaman yang telah dipunyai dengan cara melihat mengamati, memahami dan berfikir.
Tujuan dari riset ini ialah untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan metode four steps Steinberg menggunakan media kata bergambar pada anak kelompok B TK Al- Hidayah Desel, Sadeng, Gunungpati, Semarang. Penelitian ini ialah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian yang diterapkan ialah Kemmis dan Mc Tanggart dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu 15 anak B TK Al-Hidayah Desel yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek riset ini ialah peningkatan kemampuan membaca dengan pendekatan four steps Steinberg menggunakan media kata bergambar. Observasi, dokumentasi dan refleksi diterapkan sebagai metode pengumpulan data.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya penerapan four steps Steinberg dengan media visual dapat mengembangkan kemampuan membaca. Peningkatan kemamuan membaca tersebut dilihat dari presentase sebelum menerapkan Four Steps Stenberg 33,33% mengalami peningkatan di siklus I 60% dan pada siklus II meningkat 26,66% menjadi 86,66%. Proses pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca pada anak yaitu guru melakukan kegiatan permainan kata bergambar selaras dengan berbagai langkah yang telah disusun yakni anak bersama guru membaca kata bergambar, anak berlomba mencari beberapa kata sejalan dengan arahan guru, lalu anak membaca kata bergambar. Setelah membaca kata bergambar, anak memperoleh pujian sekaligus apresiasi penghargaan berupa stempel emoticon best smile.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Membaca permulaan; Four Steps steiberg; Media kata bergambar; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:12
Last Modified: 02 Dec 2021 04:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics