Analisis kemandirian belajar dan kemampuan literasi digital pada pembelajaran biologi siswa MAN di Kabupaten Grobogan pada era pandemi

Muyasaroh, Ulfatun (2021) Analisis kemandirian belajar dan kemampuan literasi digital pada pembelajaran biologi siswa MAN di Kabupaten Grobogan pada era pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086015_ULFATUN MUYASAROH] Text (SKRIPSI_1708086015_ULFATUN MUYASAROH)
SKRIPSI_1708086015_ULFATUN MUYASAROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Wabah virus corona berpengaruh terhadap aspek kehidupan, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Guru menjelaskan materi pembelajaran secara online, sehingga siswa harus lebih mandiri dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas. Tugas yang diberikan dalam pembelajaran daring membuat siswa harus mencari referensi dari berbagai sumber, salah satunya sumber dari internet. Siswa harus terbiasa dalam mencari, membaca, serta memahami sumber referensi dalam bentuk digital. Penelitian ini menganalisis kemandirian belajar dan kemampuan literasi digital pada pembelajaran biologi di era pandemi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dalam bentuk pernyataan dan skala yang digunakan adalah skala likert, angket disebarkan menggunakan google form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa kemandirian belajar terdapat enam indikator, yaitu tujuan belajar (74,48 %), strategi belajar (75,62 %), manajemen waktu (79,34 %), lingkungan (84,43 %), pencarian bantuan (77,34 %), dan evaluasi diri (74,85 %). Kemampuan literasi digital terdapat empat indikator, yaitu pencarian internet (74,92 %), pandu arah hypertext (72,63 %), evaluasi konten informasi (77,47%), dan penyusunan pengetahuan (76,78 %). Kesimpulannya adalah tingkat kemandirian belajar dan kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran biologi selama pembelajaran daring berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Literasi digital; Pembelajaran daring; Pandemi; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:15
Last Modified: 02 Dec 2021 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics