Analisis pelaksanaan kegiatan praktikum biologi daring pada SMA N di Brebes Selatan
Qonita, Rahmah (2021) Analisis pelaksanaan kegiatan praktikum biologi daring pada SMA N di Brebes Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1708086024_RAHMAH QONITA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Praktikum biologi daring selama pandemi Covid-19 mengharuskan guru dan siswa untuk dapat beradaptasi dengan praktikum daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan praktikum biologi daring pada SMA N di Brebes Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2021. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas XI dan siswa IPA kelas XI di Brebes Selatan yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian campuran yang menggunakan teknik pengambilan data melalui: wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan data kuisioner diterjemahkan secara desktiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum biologi daring pada SMA N di Brebes Selatan dilakukan hanya pada materi tertentu yang mudah untuk dilakukan. Bentuk-bentuk praktikum yang dilakukan seperti: praktikum mandiri, praktikum demonstrasi, praktikum mandiri berkelompok, dan praktikum di laboratorium sekolah. Praktikum mandiri lebih sering digunakan dengan jumlah persentase 81%. Kendala yang dihadapi antara lain: sinyal, handphone belum android, pendampingan belajar kurang, dan penyalah gunaan kuota internet untuk bermain game, dan sosial media oleh siswa. Kendala berdasarkan indikator: penguasaan materi (8,80%), pelaksanaan praktikum ( 20,50%) dan indikator eksternal (14,50%). Hasil ini menunjukkan praktikum biologi daring dalam kategori tidak baik. Solusi yang bisa dilakukan yaitu: melakukan pemilihan materi praktikum, penyederhanaan petunjuk praktikum, memanfaatkan aplikasi pembelajaran di internet, memanfaatkan laboratorium alam, dan menjalin komunikasi dengan orangtua atau wali siswa untuk mengetahui proses belajar siswa dan kendala yang mungkin dihadapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Biologi; Daring; Praktikum |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 03:20 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 03:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14075 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year