Analisis respons siswa terhadap penggunaan platform e-learning dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA dan MA Negeri di Kota Semarang

Zahro, Anisatuz (2021) Analisis respons siswa terhadap penggunaan platform e-learning dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA dan MA Negeri di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086027_ANISATUZ ZAHRO] Text (SKRIPSI_1708086027_ANISATUZ ZAHRO)
SKRIPSI_1708086027_ANISATUZ ZAHRO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring dengan bantuan platform e-learning. Beragamnya platform e-learning yang digunakan secara langsung berpengaruh terhadap respons siswa dalam penggunaannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian campuran (mixed method) dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman untuk data kualitatif dan analisis deskriptif sederhana untuk data kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan keragaman platform e-learning dan letak geografis sekolah. Sampel yang diambil yaitu 5 sekolah dengan 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 Madrasah Aliyah (MA). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa platform e-learning yang digunakan oleh guru biologi kelas XI sangat beraneka ragam, mulai dari platform pesan instan seperti WhatsApp, platform video conference seperti Google Meet dan Microsoft Team, dan platform Learning Management System (LMS) seperti Moodle, Google Classroom, Microsoft Office 365, dan e-learning madrasah. Kemudian untuk respons siswa terhadap penggunaan e-learning dapat dikatakan positif, 3 sekolah menunjukkan respons yang sangat positif, dan 2 sekolah menunjukkan respons yang positif dan kurang positif. Respons yang ditunjukkan siswa dilatarbelakangi oleh pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berteknologi khususnya dalam hal pemanfaatan e-learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Biologi; Platform e-learning; Respons siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:25
Last Modified: 02 Dec 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics