Hubungan minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi di SMAN 8 Semarang

Nikmah, Zulfahtul (2021) Hubungan minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi di SMAN 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086037_ZULFAHTUL NIKMAH] Text (SKRIPSI_1708086037_ZULFAHTUL NIKMAH)
SKRIPSI_1708086037_ZULFAHTUL NIKMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kali ini masuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data korelasi product moment yang memiliki tujuan mengetahui apakah ada hubungan yang positif dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi SMAN 8 Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggote populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populasi itu sendiri. Sampel yang diambil pada penelitian kali ini sebanyak 2 kelas dari populasi keseleruhan 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari perhitungan tersebut didapatkan hasil perhitungan korelasi antara minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif selama pembelajaran daring diperoleh rxy= 0.945 dengan taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi sangat kuat, karena terletak diantara 0.800-1.000. kemudian untuk menguji keberartian koefisien korelasi sederhara digunakan rumus uji “t” didapatkan hasil t hitung 24.15 dengan t tabel 1.994, maka didapatkan hasil t hitung > t tabel (24.15>1.994) sehingga dapat dikatakan variabel X dengan Y memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Hasil belajar; Pembelajaran daring; Kognitif; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:33
Last Modified: 02 Dec 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics