Pengembangan perangkat pembelajaran online berbasis Wordpress pada materi sistem koordinasi sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi

Nuraeni, Imtyyas Yumna (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran online berbasis Wordpress pada materi sistem koordinasi sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086038_IMTYYAS YUMNA NURAENI] Text (SKRIPSI_1708086038_IMTYYAS YUMNA NURAENI)
SKRIPSI_1708086038_IMTYYAS YUMNA NURAENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat dimungkinkan terjadi dengan cara menyediakan sarana pembelajaran secara online. Pembelajaran online dapat diartikan sebagai jenis pembelajaran yang memungkinkan tersampainya bahan ajar dari pendidik kepada siswa dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lainnya. Pembelajaran online dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai software LMS (Learning Management Sistem). Wordpress yang menyediakan fitur-fitur untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara online atau daring. Perangkat pembelajaran merupakan suatu perangkat atau perlengkapan yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar sehingga setiap guru wajib menyusun perangkat atau perlengkapan yang interaktif, inovatif, menyenangkan sehingga dapat memotivasi siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran diterapkan kedalam website berbasis wordpress untuk membantu dalam proses belajar mengajar, perangkat pembelajaran online disusun oleh pendidik untuk diberikan kepada siswa. Perangkat pembelajaran online ini dapat berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Media Pembelajaran, Buku Ajar hingga Instrument Evaluasi.

Penelitian ini menggunakan metode Researsh and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran online berbasis wordpress pada materi sistem koordinasi sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi hasil validasi oleh ahli Pendidikan, ahli materi, ahli media dan tanggapan dari guru biologi dikatakan baik dan Layak digunakan dalam pembelajaran biologi di kelas secara online, kelayakan yang diperoleh yaitu dari dosen ahli media sebesar 87,9% (Layak), kelayakan dari ahli Pendidikan yaitu sebesar 78,75% (Layak) , kelayakan dari ahli materi yaitu sebesar 85,30% (Layak). Sedangkan Kelayakan dari guru biologi sebesar 85,5% (Layak). Adapun tanggapan dari peserta didik dalam uji skala terbatas yaitu sebesar 87,65% (Layak) dan tanggapan dari peserta didik dalam uji coba produk skala luas yaitu sebesar 83% (Layak). Karakteristik perangkat pembelajaran online berbasis wordpress pada materi sistem koordinasi sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi yang dikembangkan dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel memiliki karakteristik yaitu perangkat pembelajaran seperti RPP, media pembelajaran, sumber belajar, dan quiz yang dapat diakses secara online kapanpun dan dimanapun, selanjutnya guru dapat memberikan penjelasan materi lebih mudah melalui wordpress.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran; Pembelajaran online; Wordpress; Koordinasi; Pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:35
Last Modified: 02 Dec 2021 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics