Hubungan antara pengetahuan sistem imun dengan perilaku menjaga imunitas tubuh di masa pandemi siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Jatibarang Brebes

Jahra, Shoimatul (2021) Hubungan antara pengetahuan sistem imun dengan perilaku menjaga imunitas tubuh di masa pandemi siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Jatibarang Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086041_SHOIMATUL JAHRA] Text (SKRIPSI_1708086041_SHOIMATUL JAHRA)
SKRIPSI_1708086041_SHOIMATUL JAHRA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Upaya pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan selalu patuh terhadap anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat di luar rumah dan jaga jarak minimal satu meter. Selain itu, menjaga sistem imunitas tubuh juga merupakan langkah penting untuk mencegah penularan Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan analisis data korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 25 for windows yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pengetahuan sistem imun dengan perilaku menjaga imunitas tubuh di masa pandemi siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Jatibarang Brebes. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive, yaitu sampling yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, instrumen tes, dan instrumen angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,341. Nilai signifakansi tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan sistem imun dengan perilaku menjaga imunitas tubuh di masa pandemi siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Jatibarang Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Sistem imun; Menjaga imunitas tubuh; Pandemi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:40
Last Modified: 02 Dec 2021 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics