Penerapan Metode Reward and Punishment Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Anak Usia Dini Di RA Uswatun Hasanah Asempapan Trangkil Pati Tahun 2020/2021

Sa_adah, Nailis (2021) Penerapan Metode Reward and Punishment Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Anak Usia Dini Di RA Uswatun Hasanah Asempapan Trangkil Pati Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106045_Nailis Sa_adah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106045_Nailis Sa_adah_Lengkap)
1703106045_Nailis Sa_adah FULL SKRIPSI - Nailis Sa_adah Sa_adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Anak merupakan investasi yang sangat penting dalam menyiapkan sumber daya manusia dimasa yang akan mendatang . dalam rangka mempersiapkan anak dimasa depan yang berakhlak mulia, pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diberikan sejak usia dini . memberikan perhatian kepada anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan tepat untuk menyiapkan generasi yang unggul dan berakhlak mulia. Salah satu aspek yang harus mendapatkan perhatian dalam pendidikan anak usia dini adalah menerapkan moral dan agama. Menerapkan moral dan agama pada anak adalah kewajiban seorang pendidik dalam menerapkan agama dan moral pada ank dapat dilakukan dalam bentuk bimbingan , arahan, contoh, perintah, ajakan, dan dorongan yang dilaksankan oleh pendidik dengan senang, ikhlas, dan penuh kedekatan hati dan fisik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan Metode reward and punishment dalam pengembangan moral keagamaan anak usia dini di RA Uswatun Hasanah Asempapan Trangkil Pati menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga macam yakni, observasi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyakian data dan verifikasi atau penarikan ksimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan bahwa di RA Uswatun Hasanah selalu menerapkan metode reward and punishment dalam kegiatan sehari – hari. RA Uswatun Hasanah Asempapan Trangkil Pati menerapkan bermacam – macam bentuk reward dan punishment . Reward tidak hanya berupa materi sedangkan punishent bukan suatu hukuman namun berupa arahan, teguran, nasihat, yang menjaga fisik maupun hati anak didik.

Dari hasil analisis akhir diperoleh hasil penelitian menunjukkan pengembangan moral keagamaan anak usia dini di RA Uswatun Hasanah dilakukan dengan memberikan pembelajaran kegamaan melalui pembelajaran sholat, pembiasaan berdo’a serta mengajarkan sopan santun terhadap anak usia dini. penerapan metode reward dan punishment di RA Uswatun Hasanah ini berupa verbal dan non verbal . bentuk verbal atau bahasa, meliputi kata – kata pujian contohnya seperti kamu hebat, kamu top, bagus, pintar, good job, kata – kata motivasi, nasihat, teguran, dan lainnya. Sedangkan bentuk non verbal berupa ekspresi wajah, anggukan kepala, amcungan jempol, geleng kepala , tepuk tangan, dan lainnya. Pemberian reward dan punishment ini mampu meningkatkan kemandirian anak, meningkatkan prestasi, menumbuhkan keberanian anak, menambah antusias anak pada saat pembelajaran, meningkatkan keaktifan anak dan menjadikan anak untuk selalu semangat untuk melakukan perbuatan baik, serta memotivasi anak untuk selalu berbuat kebaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode reward dan punishment; Agama dan Moral; Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:32
Last Modified: 01 Dec 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics