Problematika implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 di masa pandemi covid 19 di RA. Hj. Sri Musiyarti tahun 2020/2021

Mudawamah, Faizatul (2021) Problematika implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 di masa pandemi covid 19 di RA. Hj. Sri Musiyarti tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106048 faizatul mudawamah_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1703106048 faizatul mudawamah_LENGKAP)
FULL SKRIPSI_ 1703106048_FAIZATUL MUDAWAMAH - mudawamah Faiza(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana problematika implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 di RA. Hj. Sri Musyarti Bringin Semarang. Penelitian ini melatarbelakangi pentingnya pemahaman guru dalam menerapkan Penilaian Autentik kurikulum 2013 sesuai dengan Standar Nasional PAUD tentang Penilaian Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Selain itu, karkakteristik Kurikulum 2013 PAUD adalah menggunakan penilaian autentik dalam memantau perkembanganan. Asesmen autentik tepat digunakan guru untuk menuliskan perkembangan anak sesuai fakta, sehingga dapat menggambarkan kemampuan anak sesungguhnya. Untuk asesmen PAUD tolak ukurnya adalah capaian perkembangan. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: (1) Apa saja problematika implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 di RA. Hj. Sri Musiyarti ? (2) Bagimana langkah untuk mengatasi masalalah implementasi penilaian autentik di RA. Hj. Sri Musiyarti ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa problematika implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 adalah pemahaman guru dalam melakukan penilaian belum sesuai dengan Standar Nasinoal PAUD tentang Penilaian serta kesibukan orang tua dalam mendampingi belajar dan mengirimkan tugas anak menjadikan proses penilaian terhambat. Langkah yang digunkan untuk mengatasi penilaian autentik kurikulum 2013 adalah melaksanakan kunjungan rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik; Kurikulum 2013 PAUD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:32
Last Modified: 01 Dec 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics