Pengaruh metode pembelajaran discovery learning berbantu media HI ALITO ((how I learn about light with pop-up book) terhadap daya berpikir kritis siswa materi sifat-sifat cahaya kelas IV MI Al Islam Kalisalak Magelang tahun pelajaran 2020/2021

Asiqoh, Baidho’ul (2021) Pengaruh metode pembelajaran discovery learning berbantu media HI ALITO ((how I learn about light with pop-up book) terhadap daya berpikir kritis siswa materi sifat-sifat cahaya kelas IV MI Al Islam Kalisalak Magelang tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096127_BAIDHO_UL ASIQOH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096127_BAIDHO_UL ASIQOH_Lengkap)
1703096127_BAIDHO_UL ASIQOH_Lengkap Tugas Akhir - Baidho_ul Asiqoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode pembelajaran Discovery Learning berbantu media Hi Alito Book terhadap daya berpikir kitis siswa kelas IV MI Al Islam Kalisalak Magelang. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan tipe One Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah terkumpul dan analisis menggunakan teknik statistik parametrik. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedan dua rata-rat dengan analisis uji t, analsisis pengaruh dua variabel dengan analisis korelasi biserial, dan analisis besar pengaruh dua variabel dengan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembebelajaran discovery learning berbantu media Hi Alito Book berpengaruh terhadap daya berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis, uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 〖 t〗_hitung = 2,613, analisis pengaruh dua variabel diperoleh hasil 〖 r〗_bis = 0,787, analisis besar pengaruh dua variabel diperoleh r = 0.787 = r^2= 0,619 maka KD = 0,619 x 100% = 62%. Artinya hasil yang diperoleh maka ada perbedaan rata-tata nilai post test dengan nila pre test, dan ada pengaruh Metode pembelajaran discovery learning berbantu media Hi Alito terhadap daya berpikir kritis siswa dengan besar pengaruh 62%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Discovery learning; Media pembelajaran; Media HI ALITO; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:17
Last Modified: 03 Dec 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics