Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al Quran di kelas MI NU 69 Tejorejo Ringinarum Kendal

Rifati, Utsanni Riifa (2021) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al Quran di kelas MI NU 69 Tejorejo Ringinarum Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096077_UTSANNI RIIFA RIFATI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096077_UTSANNI RIIFA RIFATI_Lengkap)
1703096077_UTSANNI RIIFA RIFATI_FULL SKRIPSI - Utsanni Riifar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi pendidikan karakter peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur’an di kelas V MI NU 69 Tejorejo Ringinarum Kendal, pada tahun ajaran 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis, lisan, maupun foto kemudian dituangkan dalam bentuk teks naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter melalui program tahfidz di MI NU 69 Tejorejo Ringinarum berjalan dengan baik walaupun sedikit terkendala dengan adanya pandemi COVID-19, program ini terlaksana dengan pembagian materi ataupun surah yang harus dihafal peserta didik yaitu surah Al-Buruj, Al-Insyiqoq, Al-Muthoffifin, dan Al-Infithor. Metode yang digunakan yaitu antara lain : metode Sima’i, metode Klasikal, metode bin nadhar, muroja’ah, dan setoran. Metode yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik. Dalam internalisasinya, program tahfidz secara tidak langsung dapat membentuk karakter peserta didik antara lain yaitu : santun, religius, bertanggung jawab, amanah, sabar, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Program tahfidz Al-Qur’an; Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2021 01:21
Last Modified: 04 Dec 2021 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics