Persepsi siswa tentang perhatian orang tua pada saat mengikuti pembelajaran daring di MI Islamiyah Brebes tahun pelajaran 2020/2021

Istiqomah, Siti Mauliya (2021) Persepsi siswa tentang perhatian orang tua pada saat mengikuti pembelajaran daring di MI Islamiyah Brebes tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096052_SITIMAULIYAISTIQOMAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096052_SITIMAULIYAISTIQOMAH_Lengkap)
1703096052_SITIMAULIYAISTIQOMAH_TUGASAKHIR - Mauliya Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan permasalahan bagaimana persepsi siswa tentang perhatian orang tua saat pembelajaran daring di MI Islamiyah Brebes tahun pelajaran 2020/2021.
Adapun metode penelitian ini membutuhkan beberapa hal yaitu desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, dikarenakan hanya sebagian dari populasi. Kemudian sumber data yang diambil adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang kurang diperhatikan oleh orang tua dalam belajar berpengaruh terhadap keaktifan dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan siswa mudah terpengaruh dengan hal-hal di sekitar selama pembelajaran berlangsung sehingga mengganggu konsentrasi dalam belajar.
Hasil yang diperoleh siswa ikut serta dalam melaksanakan tugas, Siswa berperan aktif mengajukan pertanyaan apabila tidak mengerti baik bertanya kepada guru maupun teman, Siswa ikut melaksanakan diskusi, Siswa ikut serta dalam pemecahan suatu permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu materi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan ide berupa pemikiran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. Khususnya, di masa pandemi covid-19 agar siswa dapat aktif walau belajar dari rumah dengan perhatian yang diberikan orang tua sebagai salah satu faktor meningkatkan keaktifan belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Perhatian orang tua
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:54
Last Modified: 08 Dec 2021 00:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics