Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pemanfaatan sumber daya alam mata pelajaran IPS kelas IV MI Al Islamiyah Kalijurang tahun ajaran 2020/2021
Yulistiawati, Fia Dwi (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pemanfaatan sumber daya alam mata pelajaran IPS kelas IV MI Al Islamiyah Kalijurang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1703096040_FIA DWI YULISTIAWATI_Full Skripsi) - Fia Dwi Yulistiawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pemanfaatan sumber daya alam mata pelajaran IPS kelas IV MI Al Islamiyah Kalijurang Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis di kelas IV yang masih rendah. Peserta didik dalam menanggapi materi masih rendah. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas di dalam pembelajaran karena guru menganggap metode tersebut paling efektif digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Salah satu penunjang agar pembelajaran tersebut tercapai dan membuat peserta didik dapat berpikir kritis maka guru harus menggunakan model pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran think talk write . Penggunaan model pembelajaran think talk write pada materi pemanfaatan sumber daya alam akan membantu peserta didik agar bisa berpikir kritis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis materi pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kalijurang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa eksperimen pada kelas IV MI Al Islamiyah Kalijurang. Data yang diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan metode rubrik. Sebelum diberi perlakuan terlebih dulu dilakukan uji analisis tahap awal berupa uji normalitas dengan menggunakan nilai pre-test. Setelah diberi perlakuan, data yang dianalisis adalah nilaiposttest . Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh siswa kelas IV setelah menggunakan model pembelajaran think talk write materi pemanfaatan sumber daya alam lebih baik daripada sebelum siswa menggunakan model pembelajaran think talk write. Hal ini berdasarkan pada perhitungan penelitian diperoleh thitung =13,68 sedangkan ttabel = 1,73 sehingga thitung > ttabel. Hasil uji t tersebut menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya kemampuan berpikir kritis pada materi pemanfaatan sumber daya alam siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran think talk write lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think talk write; Kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 00:51 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 00:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14198 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year