Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi

Ningsih, Sri (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096004_SRI NINGSIH_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1703096004_SRI NINGSIH_LENGKAP)
1703096004_SRI NINGSIH_TUGAS AKHIR LENGKAP - Sri Ningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak dan remaja adalah generasi yang sangat potensial bagi perkembangan Islam. Akan tetapi, seiring berkembangnya arus globalisasi, realitanya saat ini adalah pergaulan hidup di lingkungan sekitar kita lebih condong ke hal-hal yang bisa menjerumuskan kepada perbuatan negatif. Di sinilah peran pendidikan terutama pendidikan Islam sangat penting untuk mengarahkan para generasi muda kepada hal-hal yang positif.
Perkembangan karya sastra terutama novel sangat pesat, terbukti dengan banyaknya novel dengan berbagai karya yang diterbitkan. Novel-novel tersebut memiliki macam-macam tema dan isi, antara lain mengenai problem-problem sosial yang pada umumnya terjadi di masyarakat, novel tentang percintaan, misteri dan tidak ketinggalan pula novel yang berisikan motivasi kehidupan. Novel Negeri 5 Menara merupakan novel yang penuh dengan nilai-nilai pendidikan yang dituangkan dengan kalimat-kalimat yang menarik, lucu, penuh keteladanan sehingga dapat dibaca oleh siapa saja.
Penelitian ini mengambil fokus apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Negeri 5 Menara?. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan hasil penelitian ini berupa kata-kata kutipan-kutipan data untuk memberikan penyajian laporan tersebut. Kutipan-kutipan data ini disajikan dalam bentuk lampiran tabel yang diperoleh dari pemahaman makna yang terdapat dalam setiap kata, kalimat, paragraf maupun teks. Dalam pengumpulan data peneliti metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis konten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara. Nilai-nilai tersebut secara global terbagi menjadi tiga macam yaitu, nilai-nilai aqidah, meliputi berserah diri kepada Alloh, taat dan patuh kepada Alloh. Nilai-nilai ibadah meliputi ibadah mahdhah (shalat), dan ibadah ghairu mahdhah (menanamkan pendidikan agama dan menuntut ilmu). Nilai-nilai akhlak meliputi akhlak kepada Alloh (bersyukur dan ikhlas), akhlak kepada orang tua (berbakti dan mengabdi), akhlak kepada sesama (adil, saling menghormati, dan salong berbagi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis; Pendidikan Islam; Novel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:45
Last Modified: 08 Dec 2021 00:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics