Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli sayuran sistem kandenan di pasar krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Amalia, Rizki Khoiru (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli sayuran sistem kandenan di pasar krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036080_Rizki_Khoiru_Amalia] Text (Skripsi_1502036080_Rizki_Khoiru_Amalia)
Skripsi_1502036080_Rizki_Khoiru_Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Jual beli adalah proses pemindahan hak milik/barang atau harta kepada pihak lain dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Prinsip dasar jual beli adalah saling menguntungkan diantara penjual dan pembeli. Prinsip ini berorientasi pada tolong menolong, dimana penjual menjual barang dagangannya sedangkan pembeli membutuhkan barang itu, sehingga tidak ada yang dirugikan. Seperti halnya kejelasan barang yang diperjualbelikan. Kejelasan barang yang diperjualbelikan merupakan salah satu syarat jual beli yaitu barang yang diperjualbelikan harus diketahui bentuk, zat dan kadarnya. Penjual tidak diperbolehkan menjual sesuatu yang tidak jelas baik dari unsur bentuk, zat dan kadarnya. Hal ini untuk menghindari gharar dalam akad yang jelas dilarang dan jika itu terjadi, maka akad menjadi batal atau tidak sah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli sayuran sistem kandenan di Pasar Krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Adapun rumusan masalahnya: Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli sayuran dalam sistem Kandenan di Pasar Krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan sumber dari penjual dan pembeli sayur kandenan di Pasar Krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: Praktik jual beli sayuran sistem kandenan di Pasar Krempyeng Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang merupakan jual beli sayuran yang dikemas didalam karung yang berukuran 25 kg sampai 50 kg. Dalam sistem kandenan, pembeli belum mengetahui isi sayuran yang ada dalam karung tersebut karena sulit untuk ditaksir seperti masalah timbangan atau sayur yang dikemas memiliki berat yang berbeda-beda. Sehingga hal ini menimbulkan adanya ketidakpastian di dalam timbangan dan dapat menimbulkan unsur gharar. Dan juga ditemukan pencampuran sayuran yang busuk/cacat ke dalam karung. Barang yang telah dikemas dalam karung yang sifatnya tidak transparan, menyebabkan pembeli tidak terlalu fokus pada sayuran yang ada di dalamnya melainkan hanya melihat dari sayuran yang terlihat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Sayuran; Sistem kandenan; Pasar krempyeng; Pasar tradisional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:36
Last Modified: 04 Dec 2021 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics