Identifikasi cemaran listeria pada susu kambing Kuncen Farm Mijen Semarang

Fajriyah, Lilik (2021) Identifikasi cemaran listeria pada susu kambing Kuncen Farm Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708016005_Lilik Fajriyah] Text (Skripsi_1708016005_Lilik Fajriyah)
Skripsi_1708016005_Lilik Fajriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Susu merupakan benda cair berwarna putih yang dapat digunakan sebagai bahan pangan yang sehat yang bersumber dari pemerahan hewan mamalia serta tidak ada penambahan bahan-bahan lain dan pengurangan komponen- komponen yang ada. Salah satu bakteri patogen yang terdapat pada susu yaitu Listeria monocytogenes. Listeria monocytogenes merupakan salah satu dari patogen yang harus diperhatikan dalam industri pangan dan kesehatan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu yang dihasilkan dari kambing di Kuncen Farm Mijen serta untuk mengetahui apakah susu tersebut mengandung cemaran bakteri Listeria monocytogenes. Sebanyak 5 liter sampel susu diperoleh dari Kuncin Farm Mijen, kemudian dilakukan pengamatan fisik dan identifikasi bakteri. Tahap awal diamati keadan fisik susu, kemudian dilakukan kultur pada media Listeria selective agar base (LSA), dilanjutkan dengan uji biokimiawi. Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 6 isolat diidentifikasi tidak tercemar. Tidak ada satu ciri-ciri pun yang menyatakan bahwa cemaran bakteri yang ada pada susu kambing Kuncen Farm Mijen adalah bakteri Listeria monocytogenes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Listeria monocytogenes; Susu; Kuncen farm; Semarang
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 573 Specific physiological systems in animals, regional histology and physiology in animals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:52
Last Modified: 13 Dec 2021 11:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics