Studi analisis tafsir surat Luqman ayat 12-19 tentang pendidikan anak

Aisah, Siti (2021) Studi analisis tafsir surat Luqman ayat 12-19 tentang pendidikan anak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP_1704026046_SITI_AISAH] Text (SKRIPSI LENGKAP_1704026046_SITI_AISAH)
1704026046_SITI AISAH_SKRIPSI FULL - Aisyah Arsy127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab panduan hidup umat manusia, yang membimbing manusia pada jalan keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu bentuk dari bimbingan al-Qur’an adalah bimbingan terkait pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pembahasan yang penting dalam al-Qur’an. Oleh karena itu, banyak ayat-ayat yang menyinggung masalah terkait pendidikan, salah satunya adalah ayat 12-19 dalam surat Luqman. Dalam ayat tersebut al-Qur’an membicarakan dengan begitu rinci tentang pendidikan anak sejak usia dini. Bahkan dalam ayat tersebut dijelaskan pula bagaimana kiat orangtua dalam mendidik, dengan cara menceritakan seorang tokoh yang solih bernama Luqman sebagai teladan, dimana ia telah berhasil mendidik anaknya dengan tuntunan al-Qur’an. Mengingat begitu besar perhatian al-Qur’an terhadap masalah pendidikan anak sejak masa usia dini dalam ayat tersebut. Maka dengan ini penulis terdorong untuk melakukan penelitian dan menganalisis tafsir ayat 12-19 dalam surat Luqman tentang pendidikan anak usia dini.
Pada penelitian yang dilakukan ini, peneliti mengangkat dua rumusan masalah, yakni bagaimana penafsiran surat Luqman ayt 12-19, dan bagaimana relevansi penafsiran surat Luqman ayat 12-19 terhadap pendidikan anak. kemudian peneliti menggunakan metode Library Research atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan, dengan mencari data rujukan pada karya-karya terdahulu. Menggunakan metode penafsiran tahlili, dimana berusaha untuk memaparkan arti tiap-tiap ayat dilihat dari berbagai segi yang membentuknya. Dan dianaisis menggunakan metode analisis isi, yang melalui jalan menganlisis isi dari data-data yang diperoleh, yang selanjutnya akan dibentuk proposisi-proposisi dalam kiat menemukan kesimpulan penelitian yang dihasilkan. Selanjutnya pada penelitian ini peneliti mendekati masalah dengan pendekatan Tafsir Tarbawi, dimana merupakan sebuah corak tafsir yang analisisnya menuju pada masalah pendidikan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengolah berbagai data yang ada, telah diperoleh beberapa hasil, yakni; Pertama, bahwa dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 berisi tuntunan pendidikan bagi orangtua dalam mendidik anaknya, yakni dengan teladan tokoh Luqman yang memberikan nasihatnya untuk sang putra, yang berupa nasihat untuk beriman, berbakti kepada orangtua, bersyukur, sholat, amar ma’ruf nahi munkar, tidak sombong, seta adab dalam berjalan dan berbica. Kedua, yakni relevansi penafsiran ayat 12-19 terhadap pendidikan anak, terkait pentingnya kasih sayang orangtua dalam mendidik anak dan pentingnya menanamkan keimanan pada anak sejak dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafsir; Nasihat luqman; Pendidikan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:08
Last Modified: 10 Dec 2021 09:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics