Tinjauan hukum Islam terhadap hak-hak konsumen dalam jual beli buku bersegel : studi kasus toko buku Haryo Pasar Bintoro Demak

Khosiyah, Nur (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap hak-hak konsumen dalam jual beli buku bersegel : studi kasus toko buku Haryo Pasar Bintoro Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036138_NUR_KHOSIYAH] Text (SKRIPSI_1502036138_NUR_KHOSIYAH)
SKRIPSI_1502036138_NUR_KHOSIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Toko buku Haryo yang terletak dipasar Bintoro Demak adalah salah satu toko buku yang pempunyai kebijakan menyegel buku-buku dagangannya, halini pemilik toko buku Haryo beralasan agar buku dalam kondisi tetap terjaga dan menghindari kerusakan. Namun kebijakan ini dapat menimbulkan kekecewaan dan kerugian terhadap pembeli, dikarenakan pembeli atau konsumen tidak bisa melihat barang secara sempurna halini karena ada beberapa buku yang dalam keadaan tersegel pembeli tidak bisa melihat isi buku secara sempurna. Dalam Islam permasalahan ini sangan dilarang, karena salah satu syarat rukun jual beli adalah wujudnya barang, dengan kata lain pembeli harus bisa melihat objek barang.
Penelitian ini bertujuan mencari jawaban atas permasalahan pokok yang terjadi ditoko buku Haryo, yaitu bagaimana pelaksanaan transaksi jual beli buku bersegel penurut pandangan Islam pada toko buku Haryo Pasar Bintoro Demak, serta bagaimana pandangan Fiqh Muamalah terhadap pemenuhan hak khiyār dalam transaksi jual beli buku bersegel apabila terjadi cacat dilalam buku bersegel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui wawancara, obserfasi serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan toko Buku Haryo. Wawancara dengan pemilik toko buku Haryo pasar Bintoro Demak, serta para pembeli toko buku Haryo. Obserfasi dilakukan dengan mengamati aktifitas jual beli ditoko Buku Haryo. setelah mendapat bahan penulis menganalisisnya menggunakan metode yang bersifat studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan jual beli buku bersegel pada toko buku Haryo pasar Bintoro Demak membolehkan membuka segel dan ada yang tidak, bergantung kepada jenis buku dan kebijakan penjual. Pertama Pemenuhan hak-hak pembeli yaitu dengan membolehkan pengembalian buku apabila terdapat cacat dan memberikan tenggang waktu pengembalian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemenuhan terhadap hak khiyār dalam transaksi jual beli buku bersegel pada toko buku di Haryo pasar Bintoro Demak dilakukan secara sempurna sesuai dengan aturan dalam Fiqh Muamalah. Kedua Pemberian segel pada buku tidak dilarang dalam Islam, dengan syarat hak-hak pembeli seperti hak khiyār tidak dihilangkan dan tetap harus diberlakukan, karena ada atau tidak adanya hak khiyār tidak secara mutlak dilihat dari ada atau tidak adanya penyegelan buku. Selain itu, sebaiknya khiyār dilaksanakan secara sempurna, tidak hanya memberlakukan beberapa jenis khiyār saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Khiyar; Hak konsumen; Jual beli; Buku bersegel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:41
Last Modified: 08 Dec 2021 10:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics