Efektivitas penerapan media jadut terhadap pemahaman konsep materi sudut kelas III MI Miftahul Athfal Wonorejo Demak tahun pelajaran 2020/2021

Liyana, Khoirina Ismahani (2020) Efektivitas penerapan media jadut terhadap pemahaman konsep materi sudut kelas III MI Miftahul Athfal Wonorejo Demak tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096085_Khoirina Ismahani Liyana_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096085_Khoirina Ismahani Liyana_Lengkap)
1503096085_KHOIRINA ISMAHANI LIYANA_TUGAS AKHIR - Khoirina Ismahani Liyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan dipengaruhi berbagai banyak faktor, maka diperlukan proses pembelajaran yang baik. Proses pembelajaran akan bekerja dengan baik apabila menggunakan media yang sesuai pada materi yang diajarkan, karena selain sebagai media perantara juga untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan kekuatan indera, seperti memanipulasi keadaan atau objek tertentu.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan turut menentukan tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Media jadut merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pengajaran yang objeknya bersifat abstrak menjadi konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berbentuk eksperimen jenis kuantitatif mengenai pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media jadut di MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntur Demak menggunakan desain post test-only kontrol group yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelompok (kelas) yang dibedakan menjadi kategori kelas eksperimen (kelas III B) dan kelas kontrol (kelas III A).
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, meliputi: (1) Pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan media jadut pada materi jenis dan besar sudut siswa dapat aktif, senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran. (3) Perhitungan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,0972 dan ttabel = 2,009. Karena thitung > ttabel berarti Ha di terima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas III MI Miftahul Athfal Wonorejo setelah menggunakan media Jadut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Jadut (jam sudut); Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 00:40
Last Modified: 09 Dec 2021 00:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics