Pengaruh penggunaan media monopoli terhadap pemahaman konsep materi sebab-sebab terjadinya fathul Makkah siswa Kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh Semarang tahun pelajaran 2019/2020
Husna, Shofa Izzatul (2020) Pengaruh penggunaan media monopoli terhadap pemahaman konsep materi sebab-sebab terjadinya fathul Makkah siswa Kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1503096080_Shofa Izzatul Husna_Full Skripsi - Shofa Izza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara dikelas V MI Nashrul Fajar Meteseh Semarang. Pada Pra Riset peneliti melihat pembelajaran yang dilakukan masih bersifat verbalistik, yaitu guru cenderung banyak menjelaskan materi kemudian peserta didik diminta untuk mengerjakan soal. Guru jarang menggunakan media pembelajaran menjadi penyebab peserta didik kurang memahami mata pelajaran tersebut. Hasil Pra Riset membuat peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif berupa uji coba media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu dengan menggunakan media pembelajaran monopoli. Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran khususnya materi sebab-sebab terjadinya fathul makkah.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman konsep materi sebab-sebab terjadinya fathul makkah siswa kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas V C sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan analisis data akhir uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa diperoleh t_(hitung ) = 3,956, sedangkan t_(tabel ) = 1,671. Karena thitung > ttabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa dengan media monopoli lebih tinggi dari pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata posttes kelas VC (kelas eksperimen) adalah 64,26, sedangkan nilai rata-rata kelas VB (kelas kontrol) adalah 55,74
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media monopoli; Pemahaman konsep; Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 00:47 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 00:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14345 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year