Model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan media gambar terhadap kemampuan pemahaman konsep kalimat Thayyibah Kelas III MI NU Salafiyah

Rokhmawati, Anik (2020) Model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan media gambar terhadap kemampuan pemahaman konsep kalimat Thayyibah Kelas III MI NU Salafiyah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096073_Anik Rokhmawati_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096073_Anik Rokhmawati_Lengkap)
1503096073_Anik Rokhmawati_Full Skripsi - Ani Rakhmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan media gambar terhadap kemampuan pemahaman konsep kalimat thayyibah siswa kelas III MI NU Salafiyah. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 49 siswa, dengan kelas III A yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan data yang diperoleh, uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh thitung = 1,677 dan ttabel(0,05)(47)=0,002 karena thitung > ttabel maka signifikan dan hipotesis yag diajukan diterima. Hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan media gambar yaitu 68,125 dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 52,7. Hasil belajar menunjukkan pemahaman konsep kalimat Thayyibah yang baik pada siswa kelas III MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Group Investigation (GI); Media gambar; Konsep kalimat thayyibah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 01:01
Last Modified: 09 Dec 2021 01:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics