Pengaruh pembelajaran daring (dalam jaringan) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi sumber energi kelas IV MI Syafiiyah Kembangarum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021
Prawati, Eli Ekayani (2020) Pengaruh pembelajaran daring (dalam jaringan) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi sumber energi kelas IV MI Syafiiyah Kembangarum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1503096038_ ELI EKAYANI P SKRIPSI LENGKAP. - Elly Eka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi wabah virus covid-19 yang melanda seluruh dunia. Dampak tersebut dialami dunia pendidikan yang mana proses pembelajarannya dilakukan secara daring. Pembelajaran Daring membuat ruang belajar harus dilakukan serba online, proses pembelajaran ini membuat cambukoleh pendidik dituntut untuk mengolah kreatifitas dalam proses pembelajaran yang berbasis online. Selain cambuk oleh pendidik, siswa juga ditintut untuk berpikir kritis dari proses pembelajaran online. Penilitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Kelas IV MI Syafiiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan tes.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test berdasarkan hasil posttest yang dilakukan, nilai kelas eksperimen diperoleh rata-rata 73,1, sedangkan kelas kontrol diperoleh rat-rata 71,02. Selanjutnya pada perhitungan perbedaan dua rat-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_hitung = 3,246 sedangkan t_tabel = 2,08, karena t_(hitung )>t_tabel maka signifikan dan hipotesis yag diajukan diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh pembelajaran Daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sumber energi kelas IV MI Syafiiyah Kembangarum Mranggen Demak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring; Berpikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 03:44 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 03:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14357 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year