Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis mapel Matematika siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Inaroh, Ulfantri (2020) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis mapel Matematika siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1503096031_Ulfantri Inaroh_Lengkap] Text (Skripsi_1503096031_Ulfantri Inaroh_Lengkap)
1503096031_ULFANTRI INAROH_Full Skripsi - Ulfa Inaroh(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas model pembelajaran problem posing untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab apakah model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mapel matematika siswa Kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel pertama yaitu kelas V Abdurrahman bin Auf yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen, sampel kedua yaitu kelas V Salman Al Farisi berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa dokumentasi dan tes.
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen adalah 72,94 sedangkan kelas kontrol 56, 469. Hal ini menandakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika dengan model pembelajaran problem posing lebih baik pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pecahan pada siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem posing; Berpikir kritis; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:52
Last Modified: 09 Dec 2021 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics