Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran SKI Kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Anwar, Akhmad Saiful (2021) Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran SKI Kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016185_SAIFUL_ANWAR] Text (SKRIPSI_1703016185_SAIFUL_ANWAR)
SKRIPSI_1703016185_SAIFUL_ANWAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode yang tepat akan memudahkan proses belajar mengajar. Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnnya nilai mata pelajaran SKI kelas VII MTs Darul Ulum, dan nilai tes yang diperoleh pada mata pelajaran SKI Kelas VII siswa MTs Darul Ulum Purwogondo tergolong rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang bersifat religi yang lain. Tujuan penelitan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran SKI kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo melalui implementasi metode mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 5 % persen siswa tidak setuju dengan metode mind mapping, sebesar 44 % siswa menyatakan setuju dengan metode mind mapping, sedaangkan sisanya 36 % menyatakan sangat setuju terhadap metode mind mapping. Data ini diperoleh dari pengisisan angket. Sedangkan berdasarkan wawancra terhadap 5 responden dengan skor terendah diperoleh bahwa metode mind mapping membuat mereka termotivasi ketika pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode mind mapping berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Motivasi; Mind Mapping
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:09
Last Modified: 13 Dec 2021 05:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics