Efektivitas model pembelajaran predict-observe-explain untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa pada materi plantae di MAN 1 Kudus

Ula, Faza Khilyatin (2021) Efektivitas model pembelajaran predict-observe-explain untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa pada materi plantae di MAN 1 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086057_FAZA KHILYATIN ULA] Text (SKRIPSI_1503086057_FAZA KHILYATIN ULA)
SKRIPSI_1503086057_FAZA KHILYATIN ULA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran di MAN 1 Kudus kurang memicu daya berpikir kritis siswa menjadi penyebab siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan hanya menyimak ceramah dari guru. Kurang aktifnya siswa dapat menjadi salah satu penyebab kurangnya High Order Thinking Skills siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa pada materi Plantae Kelas X IPA MAN 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design dan bentuk pre test post test control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA MAN 1 Kudus, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Perhitungan uji hipotesis dengan t-test menunjukkan thitung = 3,269 dan ttabel = 1,995. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > t tabel dengan α = 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata HOTS siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata HOTS siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan N-Gain setelah diberikan pre test dan post test menunjukkan perolehan angka pada kelas eksperimen sebesar 0,4519, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,3181. Nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama kategori sedang namun nilainya lebih tinggi kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran POE efektif untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa pada materi Plantae.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: HOTS; Model pembelajaran; Plantae; POE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 575 Specific parts of and physiological systems in plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:09
Last Modified: 14 Dec 2021 11:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics