Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian pada Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Eksperimen Faktorial di MTs Matholi’ul Huda Gebog Kudus)

Aziz, Abdul (2010) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian pada Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Eksperimen Faktorial di MTs Matholi’ul Huda Gebog Kudus). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of AbdAziz_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
AbdAziz_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of AbdAziz_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
AbdAziz_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of AbdAziz_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
AbdAziz_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of AbdAziz_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
AbdAziz_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of AbdAziz_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
AbdAziz_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan metode pembelajaran dan tipe kepribadian siswa serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa di MTs Matholi’ul Huda Gebog Kudus. Data dikumpulkan dari dua kelompok sampel yang telah terpilih secara acak atau random sederhana, untuk kemudian kedua kelompok sampel tersebut diperbandingkan hasil belajar siswa dari kedua sampel. Kelompok sampel pertama merupakan kelompok kelas eksperimen dengan penerapan metode ceramah, kelompok ini diikuti kelas IXA. Kelompok sampel kedua merupakan kelompok kelas eksperimen dengan penerapan metode sosiodrama, kelompok ini diikuti kelas IXB. Kedua kelompok sampel tersebut, masing-masing dikelompokkan ke dalam dua kepribadian yaitu introver dan extrover, bagi siswa yang memiliki tipe kepribadian campuran antara introver dan extrover (ambivert) tidak diikutsertakan dalam penelitian ini, karena penelitian ini ingin mencari perbedaan antara dua tipe kepribadian yang saling berbeda. Pengelompokan siswa ke dalam dua kepribadian ini dilakukan dengan menggunakan tes kepribadian yang telah ada.
Langkah selanjutnya, mengadakan eksperimen terhadap dua kelompok sampel dengan penerapan dua metode pembelajaran, yaitu ceramah dan sosiodrama. Setelah mengikuti kegiatan eksperimen, kedua kelompok sampel diminta untuk mengerjakan tes evaluasi hasil belajar. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda. Hasil tes siswa yang diambil untuk keperluan penelitian sebanyak 68 siswa, terdiri dari 24 siswa introver dan 44 siswa extrover, dengan perincian kelompok sampel kelas ceramah (kelas IXA) siswa intrver berjumlah 13, dan siswa extrover berjumlah 21 siswa. Sedangkan kelompok sampel kelas sosiodrama (kelas IXB) siswa introver berjumlah 11 siswa dan siswa extrover berjumlah 23 siswa.
Langkah selanjutnya mengadakan analisis terhadap data yang telah terpilih. Analisis diawali dengan uji prasyarat analisis, kemudian dilanjutkan analisis dengan menggunakan anava dua jalur. Setelah itu, hasil anava dua jalur tersebut dikonsultasikan dengan nilai yang terdapat dalam tabel. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama, maka diperoleh hasil penelitian yaitu metode pembelajaran yang berbeda (ceramah dan sosiodrama) memberikan pengaruh yang berbeda pula terhadap hasil belajar, dimana hasil belajar dengan menggunakan metode sosiodrama lebih tinggi dibanding metode ceramah. Hasil uji hipotesis yang kedua diperoleh hasil bahwa perbedaan kepribadian siswa (introver dan extrover) tidak memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Kepribadian; Hasil Belajar; Teaching Method; Personality; Learning Achievement
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Nov 2013 09:52
Last Modified: 11 Nov 2013 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics