Problem pembelajaran biologi daring siswa kelas xi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Kota Jepara

Sari, Vivit Kumala (2021) Problem pembelajaran biologi daring siswa kelas xi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Kota Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086029_Vivit Kumala Sari] Text (Skripsi_1708086029_Vivit Kumala Sari)
Skripsi_1708086029_Vivit Kumala Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Wabah Covid-19 memberikan dampak cukup besar terhadap berbagai bidang di Indonesia, termasuk bidang pendidikan. Sistem pembelajaran daring dianggap efektif sebagai solusi untuk menghadapi pandemi dalam dunia pendidikan. Akan tetapi, ketidaksiapan menyebabkan munculnya berbagai problem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran biologi daring kelas XI SMA Negeri Kota Jepara, menganalisis problem yang dialami siswa saat pembelajaran biologi daring, menganalisis faktor yang menyebabkan terjadinya problem tersebut, dan menganalisis solusi untuk mengatasi problem tersebut. Metode yang digunakan adalah mix methods dengan desain sequential exploratory. Sampel penelitian ini adalah siswa dan guru kelas XI MIPA di SMA Negeri Kota Jepara. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar wawancara dan lembar angket kombinasi. Teknik analisis data menggunakan analisis metode kualitatif dan analisis metode kuantitatif. Analisis metode kualitatif digunakan pada data wawancara melalui analisis model Miles dan Huberman. Sementara analisis metode kuantitatif digunakan pada data angket melalui diagram persentase yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Data penelitian diperoleh dari jawaban 5 guru yang diwawancara tentang pelaksanaan proses pembelajaran biologi daring, dan dari 270 siswa yang mengisi angket tentang problem pembelajaran biologi daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran biologi daring kelas XI SMA Negeri Kota Jepara antara sekolah satu dengan yang lain bervariasi, baik dalam pemberian materi dan media yang digunakan. Secara umum, guru telah melakukan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif, yaitu menggunakan metode diskusi. Dalam pembelajaran biologi daring, hampir 100% siswa mencapai KKM. Dilaksanakannya pembelajaran biologi daring menyebabkan 100% siswa kelas XI SMA Negeri Kota Jepara mengalami problem. Problem yang paling banyak dialami siswa adalah merasa jenuh saat pembelajaran (94,44%). Problem yang paling sedikit dialami siswa adalah pembelajaran biologi daring menambah pengeluaran keuangan orang tua (40,37%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis; Problem; Pembelajaran biologi; Daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:19
Last Modified: 14 Dec 2021 11:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics