Analisis pengaruh lokasi, promosi, kualitas pelayanan dan tingkat religiusitas terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah
Rohmania, Nur Fadhilatul (2021) Analisis pengaruh lokasi, promosi, kualitas pelayanan dan tingkat religiusitas terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1705036054_Nur_Fadhilatul_Rohmania.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kondisi sekarang ini persaingan lembaga keuangan semakin ketat dengan bertambahnya lembaga keuangan syariah yang pesat, dapat dilihat pada tahun ini BRI syariah, bank syariah mandiri dan BNI syariah sudah bersatu menjadi bank syariah indonesia, fenomena ini dapat dijadikan peluang bagi perbankan syariah untuk melebarkan sayap ke kancah dunia. Tujuan dari penelitian untuk melihat apakah lokasi, promosi, kualitas layanan dan tingkat religiusitas dapat mempengaruhi minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer, untuk mendapatkan informasi yang diperlukan penulis menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 responden dan di analisis menggunakan aplikasi spss 22.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi tidak berpengaruh positif pada minat masyarakat weleri menjadi nasabah dibank syariah dengan nilai uji Ttest 0,0189 > 0,05, promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah yang ditunjukkan dengan nilai uji Ttest 0,000 < 0,005, kualitas layanan berpengaruh terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah yang ditunjukkan dengan nilai uji Ttest 0,003 < 0,005, dan tingkat religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah dibank syariah yang ditunjukkan dengan nilai uji Ttest 0, 277 > 0,05. Dan dari uji Ftest dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa lokasi, promosi, kualitas layanan, dan tingkat religiusitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat masyarakat weleri menjadi nasabah di bank syariah.
ABSTRACT:
The current condition of financial institution competition is getting tougher with the increasing number of Islamic financial institutions, it can be seen that this year BRI Syariah, Mandiri Islamic Bank and BNI Syariah have united to become an Indonesian Islamic Bank, this phenomenon can be used as an opportunity for Islamic banking to spread its wings to world scene. The purpose of this research is to see whether the location, promotion, service quality and level of religiosity can influence the weleri's interest in becoming customers in Islamic banks.
This study uses a quantitative approach using primary data, to obtain the necessary information the author uses a questionnaire distributed to 100 respondents and is analyzed using the SPSS 22 application.
Ttest value 0.0189 > 0.05, promotion has an effect on weleri society's interest in becoming a customer in Islamic banks as indicated by the Ttest test value of 0.000 < 0.005, service quality has an effect on Weleri people's interest in becoming a customer in Islamic banks as indicated by the Ttest test value. 0.003 < 0.005, and the level of religiosity has no effect on the weleri community's interest in becoming a customer in Islamic banking as indicated by the Ttest test value of 0.277 > 0.05. And from the Ftest test with a significance value of 0.000 < 0.05, it shows that location, promotion, quality of service, and level of religiosity together have an influence on the interest of Weleri people to become customers in Islamic banks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat masyarakat; Nasabah; Bank syariah; Lokasi; Promosi; Kualitas pelayanan; Tingkat religiusitas |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 11:49 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 11:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14427 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year