Penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk pengenalan profesi pada anak usia 4 – 5 tahun dilingkungan Desa Meteseh Tembalang Semarang

Betiani, Rista (2021) Penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk pengenalan profesi pada anak usia 4 – 5 tahun dilingkungan Desa Meteseh Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703106076_Rista Betiani_Lengkap] Text (Skripsi_1703106076_Rista Betiani_Lengkap)
1703106076_RISTA BETIANI_LENGKAP TUGAS AHKIR - Rista Betiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk pengenalan profesi pada anak usia 4 – 5 tahun di lingkungan RW.01 Desa Meteseh Kec. Tembalang Kota Semarang, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi yakni penelitian tanpa memakai angka statistik namun dengan pemaparan secara deskriptif berupa mendeskripsikan suatu gejala, kejadian, keadaan yang terjadi saat ini, dimana penelitian ini memotret kejadian dan peristiwa yang terjadi menjadi fokus perhatiannya kemudian dijabarkan sebagimana adanya. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari kesimpulan ini menujukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ayo mengenal profesi memberikan pemahaman terhadap orang tua tentang memanfaatkan smartphone sebagai sumber edukasi untuk merangsang motivasi anak dalam hal cita – cita. Hal ini dilihat dari indikator pencapaian anak yakni kemampuan mengenal profesi yang semakin berkembang, kemampuan mengidentifikasi yang mampu membedakan alat dan tempat suatu profesi, serta kemampuan menghormati profesi ditunjukan melalui dukungan serta apresiasi terhadap pekerjaan orang tua. Kekurangan dalam penggunan mobile learning yakni, perlu adanya pendampingan orang tua terhadap penggunaan media agar mendapat batasan – batasan yang wajar, kelemahan terhadap baterai pada suatu perangkat tergantung pada tingkat penggunaannya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile learning; Profesi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:39
Last Modified: 10 Dec 2021 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics