Pengaruh strategi pembelajaran isu sosiosains terhadap perilaku peduli lingkungan siswa MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak

Akila, Nabil (2021) Pengaruh strategi pembelajaran isu sosiosains terhadap perilaku peduli lingkungan siswa MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086058_Nabil Akila] Text (Skripsi_1708086058_Nabil Akila)
Skripsi_1708086058_Nabil Akila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran guru dikelas layaknya harus memberikan pemahaman siswa dengan penanaman karakter dalam setiap pembelajaran yang diberikan. Hal itu penting untuk menanamkan karakter pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan lingkungan sekitar sekolah masih belum sehat. Pembelajaran terbaru yakni kurikulum 2013 pada siswa masih belum dapat memecahkan fenomena yang terjadi di sekitar. Pembelajaran di sekolah masih pada penyampaian teoritik untuk mencapai nilai mengerjakan soal dan belum mampu menciptakan suatu perilaku pada siswa setelah adanya pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan strategi Isu Sosiosains yang diuji cobakan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku peduli lingkungan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eskperimen dengan desain non-equivalen group desain yang berbentuk pretest-posttest Control Group Desain. Sampel penelitian ini yakni kelas X MIPA 1 (eksperimen) dan kelas X MIPA 2 (kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji hipotesis satu pihak. Hasil penelitian uji t-test diperoleh t hitung = 2,267 dan t tabel = 1,674. Hasil penelitian menunjukkan t hitung > t tabel dengan α = 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh strategi Isu Sosiosains lebih tinggi dibanding pengaruh strategi pembelajaran yang tidak menggunakan Isu Sosiosains. Hasil perhitungan N-Gain setelah diberikan pretest dan post-test terdapat peningkatan pada kelas eksperimen yakni 0,5039 dan dikategorikan sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,1825 dikategorikan rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Isu Sosiosains dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Isu; Sosiosains; Sikap peduli lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:40
Last Modified: 14 Dec 2021 11:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics