Persepsi orang tua siswa siswa MI NU 12 Lanji Kendal terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) tahun pelajaran 2020/2021

Putri, Lu'ul Adila (2021) Persepsi orang tua siswa siswa MI NU 12 Lanji Kendal terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1403096088_Lu_ul Adila Putri_Lengkap] Text (Skripsi_1403096088_Lu_ul Adila Putri_Lengkap)
1403096088_Lu_ul Adila Putri_Lengkap Tugas Akhir - Adila Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua siswa MI NU 12 Lanji Kendal terhadap pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 yang meliputi proses penerapan dan media yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian ini memakai penelitian lapangan atau field research, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh: a. Persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran jarak jauh cenderung pada persepsi negatif. Proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MI NU 12 Lanji Kendal tidak efektif. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru lebih sering memberikan latihan soal kepada siswa dibandingkan memberikan edukasi materi. b. Persepsi orang tua siswa MI NU 12 Lanji Kendal masuk ke dalam kategori jenis persepsi visual. Alasan tersebut dikarenakan orang tua siswa melihat secara langsung anak-anak mereka melakukan pembelajaran jarak jauh. 2) Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Media yang Digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Orang tua menganggap media yang digunakan guru di WhatsApp kurang efektif. Tidak ada interaksi dua arah antara guru dan siswa, siswa tidak memahami materi, atmosfir pada grup WhatsApp sepi, serta siswa kurang memahami arahan yang diberikan guru kepada mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi orang tua siswa; Pembelajaran jarak jauh; Pandemi Covid 19; Media pembelajaran jarak jauh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:21
Last Modified: 10 Dec 2021 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics