Pengaruh model pembelajaran dalam jaringan berbantu media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV di MI AT-Taqwa Kota Semarang tahun ajaran 2021/2022

Sari, Embun (2021) Pengaruh model pembelajaran dalam jaringan berbantu media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV di MI AT-Taqwa Kota Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096002_Embun Sari_Lengkap] Text (Skripsi_1703096002_Embun Sari_Lengkap)
1703096002_EMBUN SARI_FULL SKRIPSI - embun sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran daring menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI AT-Taqwa Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design (eksperimen semu), dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI AT-Taqwa Semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Kelas IV A sebanyak 17 siswa menjadi kelas kontrol dan kelas B sebanyak 17 siswa menjadi kelas eksprimen dikarenakan jumlah siswa IV sebanyak 34 siswa maka peneliti menggunakan penelitian populasi.
Hasil dari posttest rata-rata nilai hasil belajar mata pelajaran IPS pada kelas eksperimen adalah 82,05 dan rata-rata nilai hasil belajar mata pelajaran IPS pada kelas kontrol adalah 67. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung= 5,760 dan ttabel=1,693 dengan taraf signifikan 5% dan dk=17+17-2=32. Perhitungan ini menunjukkan thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI AT-Taqwa Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran daring; Media audio visual; Hasil belajar siswa; Mata pelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:33
Last Modified: 10 Dec 2021 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics