Pengaruh penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan penguasaan mufrodat mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Demak tahun ajaran 2020/2021

Havifah, Dian Ayu (2021) Pengaruh penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan penguasaan mufrodat mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Demak tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096079_Dian Ayu Havifah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096079_Dian Ayu Havifah_Lengkap)
1703096079_Dian Ayu Havifah_Lengkap Tugas Akhir - Dian Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “terdapat pengaruh metode Teams Games Tournament (TGT) dalam peningkatan penguasaan mufrodat mata pelajaran bahasa Arab kelas VA MI Negeri 03 Demak tahun ajaran 2020/2021?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam penguasaan mufrodat mata pelajaran bahasa Arab di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Demak tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan di MI Negeri 03 Demak kelas VA dengan materi pokok فِي المقصف. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desai pre-test & post-test, dimana desain pre-test & post-test ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent melalui perlakuan. Dan penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan jumlah 26 siswa.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab dan instrument yang digunakan adalah tes tulis essay. Dari hasil perhitungan pengujian uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,968 dengan Difference 25 (t tabel = df-1). Memiliki standar deviasi (Std. Deviation) sebesar 17.90024 dan yang paling utama adalah nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) di mana nilai signifikansinya lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Jika dikonstruksikan maka hasilnya adalah nilai sig. 0,000 < 0,05 yang apabila disimpulkan terjadi pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan tipe TGT terhadap penguasaan mufrodat Bahasa Arab siswa kelas 5A MI Negeri 03 Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Tems Games Tournament (TGT); Penguasaan mufrodat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 10:06
Last Modified: 10 Dec 2021 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics