Problematika pembelajaran daring bagi guru di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Islamiyah Sumber Rembang
Yuwaffi, Fatihurrifqi (2021) Problematika pembelajaran daring bagi guru di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Islamiyah Sumber Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1703096099_Fatihurrifqi Yuwaffi_Full Skripsi - Rifqi Yuwaffi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 pada pelajaran fiqih kelas IV di MI Islamiyah Sumber Rembang, (2) Apa saja problematika yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran fiqih kelas IV MI Islamiyah Sumber Rembang, (3) Bagaimana upaya mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama pandemi Covid-19 pada pelajaran fiqih kelas IV MI Islamiyah Sumber Rembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas IV dilaksanakan secara daring melalui whatsapp group dengan langkah awal membuat RPP dilanjutkan dengan pelaksanaan yaitu berdoa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan materi, tanya jawab serta pemberian tugas kepada siswa. (2) problematika yang dialami oleh guru yaitu: a. masalah yang berhubungan dengan pendidik yakni penguasaan teknologi yang masih rendah, keterbatasan mengontrol pembelajaran, jaringan internet guru yang kurang stabil, b. masalah berhubungan dengan peserta didik yakni keterbatasan akses jaringan internet oleh siswa, banyaknya tugas diberikan oleh guru, perekonomian siswa yang kurang mampu.
Upaya untuk mengatasi masalah di atas antara lain: pembelajaran dilaksanakan menggunakan whatsapp saja terbilang lebih evektif, menyediakan fasilitas wifi bagi guru, adanya komunikasi dengan orang tua, menginovasi pembelajaran, menetapkan batas pengumpulan tugas yang meringankan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika guru; Pembelajaran daring |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 10:19 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 10:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14469 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year