Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian madrasah fisika MA (Madrasah Aliyah) Kabupaten Jepara tahun ajaran 2019/2020

Nihayah, Ummi (2021) Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian madrasah fisika MA (Madrasah Aliyah) Kabupaten Jepara tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066038_Ummi Nihayah_Skripsi Lengkap] Text (1403066038_Ummi Nihayah_Skripsi Lengkap)
1403066038_Ummi Nihayah_Lengkap Tugas Akhir - Ummi Nihayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum yang berlaku di SMA/MA menurut Kemendikbud nomor 59 tahun 2014 adalah kurikulum 2013, kurikulum ini menuntut peserta didik untuk berpikir kritis serta lebih mandiri dalam kegiatan belajar mengajar. Menerapkan tipe soal HOTS dalam evaluasi diharapkan dapat merangsang peserta didik supaya menjadi lebih luas dalam berpikir dan lebih memahami penerapan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis HOTS (High Order Thinking Skill) pada soal ujian madrasah fisika madrasah aliyah kabupaten jepara tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berdasar pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti keadaan sasaran penelitian yang alamiah, dengan penulis sebagai instrumen kunci. Metode pengambilan data menggunakan rubik penilaian dan berdasarkan hasil uji validasi, rubik termasuk valid. Hasil analisis menunjukkan sebanyak 16 butir soal tahun pelajaran 2019/2020 dan 22 butir soal tahun pelajaran 2020/2021 sesuai dengan indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi, sebanyak 32 butir soal tahun pelajaran 2019/2020 dan 21 butir soal tahun pelajaran 2020/2021 sesuai dengan indikator berbasis permasalahan kontekstual, sebanyak 15 butir soal tahun pelajaran 2019/2020 dan 18 butir soal tahun pelajaran 2020/2021 sesuai dengan indikator memiliki stimulus menarik, serta sebanyak 13 butir soal tahun pelajaran 2019/2020 dan 13 butir soal tahun pelajaran 2020/2021 sesuai dengan indikator soal yang mengalami perbaruan. Hasil penelitian soal Ujian Madrasah Fisika MA tahun pelajaran 2019/2020 dan tahun pelajaran 2020/2021 belum memenuhi keempat indikator kriteria soal High Order Thinking Skills (HOTS)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujian Madrasah;High Order Thinking Skills
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 20 Dec 2021 21:58
Last Modified: 20 Dec 2021 21:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14481

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics