Strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 5 Kota Semarang

Taufiqullah, Alaik (2021) Strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 5 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036028_Alaik Taufiqullah_Lengkap] Text (Skripsi_1603036028_Alaik Taufiqullah_Lengkap)
SKRIPSI ALAIK TAUFIQULLAH FULL - Alaik Taufiqullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kualitas pembelajaran tenaga pendidik menjadi salah satu masalah yang harus diatasi oleh sekolah dengan melakukan berbagai strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 5 Kota Semarang?. 2) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 5 Kota Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi, dengan menggunakan langkah-langkah analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 5 Kota Semarang dilakukan melalui tenaga pendidikan diarahkan untuk melakukan pelatihan, pelatihan pembuatan karya ilmiah, Program pembinaan secara khusus seperti sertifikasi, membentuk KKG, rapat kerja, workshop mini, adanya IHT (In house training), pelatihan IT dan mengintensifkan peran kepala sekolah, kepala sekolah memberikan penilaian kepada tenaga. 2) Faktor pendukung terkait peran aktif dari kepala sekolah, Jumlah tenaga pendidik dan kualifikasi cukup memadai, memiliki sertifikat mengajar sesuai dengan bidangnya, tenaga pendidik banyak memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, sedangkan faktor yang penghambat terkait banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik, materi yang padat kurang mampu melakukan variasi metode, paradigma sistem pendidikan, kurikulum dan peraturan/kebijakan yang selalu mengalami perubahan juga menjadi kendala dalam peningkatan profesionalisme tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; Tenaga pendidik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:34
Last Modified: 26 Oct 2022 09:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics