Uji akurasi penentuan awal waktu shalat di Kota Pekalongan (studi kasus penentuan waktu shalat di masjid-masjid Kota Pekalongan)

Muhibbin, Ahmad Zainal (2020) Uji akurasi penentuan awal waktu shalat di Kota Pekalongan (studi kasus penentuan waktu shalat di masjid-masjid Kota Pekalongan). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502046031_Ahmad Zainal Muhibbin_SKRIPSI LENGKAP] Text (1502046031_Ahmad Zainal Muhibbin_SKRIPSI LENGKAP)
FUL SKRIPSI_AHMAD ZAINAL MUHIBBIN_1502046031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kota Pekalongan merupakan Kota yang kecil dan termasuk dataran rendah tetapi dalam penentuan awal waktu shalat terjadi perbedaan di masjid-masjid Kota Pekalongan, hal ini ditandai saat pelaksanaan waktu adzan antara masjid satu dengan masjid lain. Faktor yang menyebabkan perbedaan itu adalah pertama, karena perbedaan metode yang dipakai dalam penentuan awal waktu shalatnya. Kedua, karena muadzin lalai mencocokan jam masjid dengan jadwal waktu shalatnya. Tidak hanya itu, setelah peneliti telusuri bahwa Kementrian Agama ternyata tidak membuat jadwal waktu shalat untuk masjid-masjid Kota Pekalongan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut.
Penelitian ini dirumuskan dalam dua rumusan masalah yaitu bagaimana analisis metode penentuan awal waktu shalat di masjid-masjid Kota Pekalongan dan bagaimana akurasi penentuan waktu shalatnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap metode penentuan awal waktu shalat di masjid-masjid Kota Pekalongan dan untuk mengetahui tingkat keakurasiannya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian penelitian yang bersifat lapangan (field research). Data primer dari penelitian ini adalah dengan melihat jadwal waktu shalat yang terpasang di masjid-masjid Kota Pekalongan dan melakukan wawancara dengan takmir masjid yang terkait. Data sekundernya adalah dengan wawancara kepada orang yang merasakan langsung permasalahan ini yaitu Kementrian Agama, PCNU Kota Pekalongan dan dari buku, artikel, kitab maupun laporan dari hasil penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan komparasi dengan metode jadwal shalat kotemporer.
Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu metode penentuan awal waktu shalat di masjid-masjid Kota Pekalongan hanya ada tiga jadwal waktu shalat yang digunakan sepanjang masa, yang sistem perhitunganya termasuk sistem Hakiki. Jadwal tersebut yaitu, jadwal waktu shalat Istiwa PCNU Kota Pekalongan, jadwal WIB PCNU, jadwal Istiwa Kitab Tibyanul Miqat dan faktor kelalaian muadzin karena usia muadzin rata-rata sudah tua jadi kadang lupa mencocokan jam masjid dengan jadwal waktu shalat yang tiga hari selalu berganti waktunya. Dari ketiga jadwal waktu shalat tersebut ada satu jadwal yang tidak akurat setelah dibandingkan dengan perhitungan awal waktu shalat kontemporer karena mempunyai selisih lebih dari 4 menit yaitu jadwal Istiwa Kitab Tibyanul Miqat. Dari permasalahan di atas Kementrian Agama akan membuat jadwal waktu shalat dengan perhitungan kotemporer dan berkerjasama dengan takmir masjid-masjid Kota Pekalongan agar memakai jadwal tersebut khusunya pada bulan Ramadhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penentuan Waktu; Awal Waktu Shalat; Masjid-Masjid Kota Pekalongan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:50
Last Modified: 10 Dec 2021 11:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics