Pengembangan e-book penuntun praktikum terintegrasi PBL (problem based learning) materi sifat koligatif larutan

Athiyyah, Vina (2021) Pengembangan e-book penuntun praktikum terintegrasi PBL (problem based learning) materi sifat koligatif larutan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1608076034_Vina Athiyyah_Skripsi Lengkap] Text (1608076034_Vina Athiyyah_Skripsi Lengkap)
Skripsi_1608076034_Vina Athiyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pengembangan e-book penuntun praktikum terintegrasi PBL ini adalah terbatasnya kegiatan praktikum yang dilakukan dalam pembelajaran kimia di MAN 2 Kota Semarang terutama saat masa pandemic COVID-19, tidak adanya buku khusus penunjang kegiatan praktikum, pembelajaran yang berbasis TCL, dan kurangnya pemahaman peserta didik pada materi sifat koligatif larutan. Sehingga dilakukannya penelitian ini diharapkan mampu mengetahui karakteristik dan kelayakan e-book penuntun praktikum terintegrasi PBL materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan agar dapat membantu peserta didik memahami materi.
Metode penelitian RnD (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dipilih dalam pengembangan e-book penuntun praktikum terintegrasi PBL materi sifat koligatif larutan ini. Subjek penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas XII MAN 2 Kota Semarang yang dipilih secara acak. Adapun karakteristik e-book penuntun praktikum yang dikembangkan diintegrasikan dengan model pembelajaran PBL pada materi sifat koligatif larutan yang termasuk dalam kategori valid sehingga layak untuk diujicobakan dalam skala kecil dengan koefisien validasi aiken’s dari ahli media sebesar 0,813 dan dari ahli materi sebesar 0,79. Hasil angket respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan mendapat persentase rata-rata sebesar 78,47% dan masuk dalam kategori baik untuk digunakan dalam pembelajaran praktikum. Nilai laporan praktikum 4 peserta didik adalah 75 (baik) dan 4 lainnya adalah 81 (sangat baik). Adapun hasil pretest-posttest didapatkan N-gain sebesar 0,85 yang masuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-book penuntun praktikum; Problem based learning; Sifat koligatif larutan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:28
Last Modified: 23 Dec 2021 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics