Studi analisis keakuratan jadwal waktu shalat abadi terbitan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang untuk Desa Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

Hafidhin, Nur (2021) Studi analisis keakuratan jadwal waktu shalat abadi terbitan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang untuk Desa Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502046046_NUR HAFIDHIN_SKRIPSI LENGKAP] Text (1502046046_NUR HAFIDHIN_SKRIPSI LENGKAP)
1502046046_Nur Hafidhin_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Shalat merupakan salah satu ibadah yang di wajibkan kepada setiap muslim. Mengingat begitu pentingnya ibadah shalat untuk mempermudah dalam pengingat waktu pelaksanaanya maka dibuatlah jadwal waktu shalat. Di kabupaten Batang salah satu jadwal waktu shalat yang telah tersebar dan digunakan oleh masyarakat ialah jadwal waktu shalat abadi dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) kabupaten Batang. Karena topografi wilayah kabupaten Batang yang cukup luas dan mempunyai beragam elevasi maka penulis mencoba untuk menelisik keakuratanya, terutama untuk daerah yang mempunyai ketinggian tempat yang cukup tinggi termasuk desa Pranten.
Skripsi ini mengkaji dua permasalahan, yaitu : 1) Bagaimana perhitungan penentuan jadwal waktu shalat abadi oleh DMI kabupaten Batang, dan 2) Bagaimana tingkat keakuratan jadwal waktu shalat abadi daerah Batang untuk digunakan di desa Pranten.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi lapangan untuk mengumpulkan data. Data di peroleh melalui wawancara, pengecekaan data langsung di lapangan, dll.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, pertama masyarakat desa Pranten dalam menentukan awal waktu shalat menggunakan jadwal waktu shalat abadi yang di terbitkan oleh DMI Kabupaten Batang. Kedua, terdapat selisih sekitar 2-27 menit antara waktu DMI dengan perhitungan real markaz.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akurat; Jadwal Waktu Shalat; Dewan Masjid Indonesia (DMI); kabupaten Batang; Desa Pranten
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Dec 2021 02:21
Last Modified: 11 Dec 2021 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics