Pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Majenang Cilacap

Muasih, Laelatul (2021) Pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Majenang Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016025_Laelatul Muasih_Lengkap] Text (Skripsi_1703016025_Laelatul Muasih_Lengkap)
1703016025_Laelatul Muasih_Lengkap Tugas Akhir - LAELATUL MUASIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Majenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh orang tua (X1) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y). (2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y). (3) pengaruh pola asuh (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y) di SMP Negeri 3 Majenang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan cara statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua (X1) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y), ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,121 > 0,05 dan nilai F hitung = 2,470 < F t0,05 = 3,15 dan F hitung = 2,470 < F t0,01 = 4,96. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y), ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,482 > 0,05 dan nilai F hitung = 0,499 < F t0,05 = 3,15 dan F hitung = 0,499 < F t0,01 = 4,96. (3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y), ditujukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,272 > 0,05 dan nilai F hitung = 1,331 < F t0,05 = 3,15 dan F hitung = 1,331 < F t0,01 = 4,96.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Status sosial ekonomi; Prestasi belajar PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 02:44
Last Modified: 11 Dec 2021 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics