Pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Sidorejo Grobogan

Setiyawati, Nanda (2021) Pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Sidorejo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016031_Nanda Setiyawati_Lengkap] Text (Skripsi_1703016031_Nanda Setiyawati_Lengkap)
SKRIPSI FULL Nanda S - Nanda Setiyawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring seperti halnya SD N 1 Sidorejo Grobogan. Pelaksanaan model ini menimbulkan banyak permasalahan yang dapat mempengaruhi persepsi ataupun prestasi belajar siswa. Sehingga penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran daring, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di SD N 1 Sidorejo Grobogan menjadi hal yang penting. Melalui pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 189 dan pengambilan sampel 25% dari 189 populasi yang menghasilkan responden sebanyak 48 responden yang dianalisis dengan regresi linier sederhana, diperoleh hasil penelitian bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran daring di SD N 1 Sidorejo Grobogan termasuk dalam kategori sedang, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 68,81 pada interval 66,63 – 70,98. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD N 1 Sidorejo Grobogan termasuk dalam kategori sedang yang dapat dilihat dari nilai rata-rata penilaian akhir siswa sebesar 82,42 pada interval 81,01 – 83,94. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD N 1 Sidorejo Grobogan, dibuktikan dengan Uji F tabel anova, diperoleh F hitung (3,421) > F tabel (1,91) untuk taraf signifikansi 5%, besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y senilai 6,9 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:07
Last Modified: 11 Dec 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14521

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics