Penerapan pembelajaran STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan
Aqilah, Arfiana Nurul (2021) Penerapan pembelajaran STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708076046_Arfiana Nurul Aqilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan pada kelas XII MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah true-experimental design dengan jenis eksperimen posttest only control design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII yang berjumlah 72 siswa, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas XII MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran diskusi dan ceramah. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 77,36 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki nilai sebesar 67,50. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,001. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, nilai rata-rata total dari tiga pengamat sebesar 77% menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik memiliki kriteria baik. Hal ini juga dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji One sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,036.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; STEM; ESciT; ESD |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hartono Hartono |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 01:35 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 01:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14524 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year