Penerapan pembelajaran STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan

Aqilah, Arfiana Nurul (2021) Penerapan pembelajaran STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076046_Arfiana Nurul Aqilah_Lengkap] Text (Skripsi_1708076046_Arfiana Nurul Aqilah_Lengkap)
Skripsi_1708076046_Arfiana Nurul Aqilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan pada kelas XII MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah true-experimental design dengan jenis eksperimen posttest only control design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII yang berjumlah 72 siswa, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas XII MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran diskusi dan ceramah. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 77,36 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki nilai sebesar 67,50. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,001. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, nilai rata-rata total dari tiga pengamat sebesar 77% menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik memiliki kriteria baik. Hal ini juga dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji One sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,036.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; STEM; ESciT; ESD
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:35
Last Modified: 23 Dec 2021 01:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics