Relasi guru dan murid dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan aktualisasinya di era revolusi industri 4.0

Wahyuningsih, Dwi (2021) Relasi guru dan murid dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan aktualisasinya di era revolusi industri 4.0. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016138_Dwi Wahyuningsih_Lengkap] Text (Skripsi_1703016138_Dwi Wahyuningsih_Lengkap)
1703016138_DWI WAHYUNINGSIH_TUGAS AKHIR - Dwiii Wn(3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dekadensi moral antara guru dan murid semakin meningkat akhir-akhir ini. Padahal umat Islam memiliki banyak khazanah metode pembelajaran yang ideal diantaranya adalah kitab Ta’līm al-Muta’allim. Kitab yang bernafas pada religious ethics ini sangat memiliki peran dalam menuntaskan dekadensi moral antara guru dan murid. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana relasi guru dan murid dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim?, dan Bagaimana aktualisasi relasi guru dan murid dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim di era revolusi industri 4.0?. Jenis Penelitian yang digunakan kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan metode analisis isi (content analysis), yaitu teknik analisis dengan berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi guru dan murid dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim adalah relasi dua arah dimana guru dan murid harus memiliki niat yang sama dalam belajar, guru dan murid juga harus menghormati ilmu dan ahlinya, dan terakhir guru dan murid harus saling menyayangi dan menasehati. Adapun aktualisasi di era revolusi industri 4.0 adalah sebagai ruh pendidikan agar pembelajaran tidak sekedar transfer of knowledge, hal ini ditandai dengan kesamaan niat untuk mendapatkan riḍa Allah Swt, saling menghormati ilmu dan ahlinya sesuai proporsinya, dan senantiasa saling menyayangi dan menasehati dengan ta’dzim. Saran penelitian merekomendasikan agar para guru dan murid tetap memegang teguh norma yang ada dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim sebagai ruh pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relasi guru murid; Ta’līm al-Muta’allim; Industri 4.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 04:07
Last Modified: 11 Dec 2021 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics