Pengaruh transparansi pelaporan keuangan, penerapan PSAK 109, dan sikap amil terhadap loyalitas muzakki: studi kasus pada BASNAS Kota Semarang

Damayanti, Maulida Zakiya (2021) Pengaruh transparansi pelaporan keuangan, penerapan PSAK 109, dan sikap amil terhadap loyalitas muzakki: studi kasus pada BASNAS Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046072_MAULIDA_ZAKIYA_DAMAYANTI] Text (SKRIPSI_1705046072_MAULIDA_ZAKIYA_DAMAYANTI)
1705046072_Maulida Zakiya D_Lengkap Tugas Akhir - Maulida Zakiya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu dari rukun islam, namun realisasi penerimaan zakat di Indonesia sangat rendah tidak sebanding dengan potensi zakat padahal jika dilihat penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim. Hal tersebut terjadi dimungkinkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat muslim Indonesia akan zakat dan karena masyarakat masih membayarkan zakatnya secara langsung kepada mustahik sehingga penerimaan zakat tidak tercatat oleh lembaga zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh transparansi pelaporan keuangan, penerapan PSAK 109, dan sikap amil terhadap loyalitas muzakki. Objek penelitian ini ialah BAZNAS Kota Semarang.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer, populasi dalam penelitian ini adalah muzakki BAZNAS Kota Semarang, penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 99 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linier berganda dengan program SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transparansi pelaporan keuangan tidak signifikan berpengaruh terhadap loyalitas muzakki, penerapan PSAK 109 berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki, sikap amil berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki. Dapat disimpulkan bahwa sebuah lembaga pengelola zakat harus menerapkan, mempertahankan dan meningkatkan ketiga aspek tersebut supaya dapat menumbuhkan loyalitas muzakki sehingga tercipta sebuah pemerataan dan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Transparansi pelaporan keuangan; Penerapan PSAK 109; Sikap amil; Loyalitas muzakki
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:58
Last Modified: 13 Dec 2021 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics